Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah  jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran  mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Kareterikstik jamur tiram itu sendiri tubuh buah jamur tiram memiliki tangkai yang tumbuh menyamping bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.

Kandungan gizi

Jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Dari kandungan gizi tersebut, terdapat segudang manfaat yang didapat dari jamut tiram diantaranya :

  1. Pengendali Kolestrol Jahat
  2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
  3. Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil
  4. Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah
  5. Dapat Menurunkan Badan
  6. Pencegah Penyakit Kanker Payudara
  7. Mengurangi Resiko Kanker Prostat
  8. Dapat Mengatasi Liver
  9. Sumber Protein Alternatif
  10. Membantu Melawan Radikal Bebas

 

Nah, mulai sekarang Anda tidak perlu mempunyai pikiran bahwa jamur itu beracun atau jamur hanya sebagai pilihan camilan yang mengenyangkan. Setelah mengetahui khasiat jamur tiram di atas, Anda dapat menganggap jamur tiram sebagai salah satu makanan yang bergizi.
Selain manfaat yang langsung kita rasakan, dari segi bisnis dapa menghasilkan laba yang besar hal ini dibuktikan oleh salah satu warga desa Banyuresmi.
 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan