KERAJINAN TAS – KP. CIKARAG

Kerajinan Tangan adalah menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual.

Kerajinan tangan yang memiliki kualitas tinggi tentu harganya pun akan mahal.

Kerajinan Tangan memiliki dua fungsi yaitu :

  • Fungsi Pakai adalah Kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda kerajinan tersebut dan memiliki keindahan sebagai tambahan agar menjadi menarik.
  • Fungsi Hias adalah Kerajinan yang hanya mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan guna dari barang tersebut, contoh kerajinan ini seperti miniatur, patung dll yang hanya menjadi kenikmatan bagi siapa yang melihatnya.

Seperti kerajinan Tangan yang satu ini.

Kerajinan Tangan yang terdapat di Kampung Cikarag RT. 003 RW. 004 Desa Banyuresmi Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya, Merupakan kerajinan Tangan Milik Bapak Jalaludin ( 42 Tahun ) dan Ibu Elin Herlina ( 33 Tahun ) . Beliau sudah mengelola kerajinan ini sejak tahun 2002 sampai sekarang . Bapak Jalaludin asalnya merupakan Warga Sukaruas yang sekarang menetap di Kampung Cikarag.

Para pekerja kerajinan tangan ini rata rata adalah Ibu Rumah Tangga dan merupakan penduduk asli Cikarag, selain dari itu para pengrajin juga ada yang berasal dari luar Desa Banyuresmi. Menurut Pemilik Kerajinan ini ( Elin Herlina ) Untuk pengiriman/ekspor Kerajinan ini biasa nya di kirim  ke Bali dan daerah lainnya.

Untuk pemasaran, kerajinan biasanya disetiap daerah tidak langsung di kirim ke pasar-pasar untuk diperjual belikan, akan tetapi kerajinan ini biasnya akan di olah kembali dengan memakai pernak pernik supaya Tas Kerajinan Lebih Bagus dan Lebih menarik minat para pembeli. Untuk Kerajinan ini Bahan yang digunakan yaitu Bahan Mendong.

Terdapat 2 macam kerajianan tangan yang dibuat , yaitu :

  1. Kerajinan Tangan _ Tas Bulat Goong /Bulan

2. Kerajinan Tangan _ Tas Bulat L

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan