MONITORING LAPANGAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI DESA ( SID ) KECAMATAN SUKAHENING

Banyuresmi, menindak lanjuti hasil pelatihan SID ( Sistem Informasi Desa ) di Desa Mandala Mekar Kec. Jatiwaras, hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018 pukul. 10.00 WIB telah dilaksanakan Monitoring Lapangan Pemantapan dari Pelatihan SID di Desa Banyuresmi Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya.

Monitoring Lapangan dilakukan guna untuk melihat sampai mana para peserta bisa memahami dan menjalankan SID ( Sistem Informasi Desa ) dan WEB desa. Narasumber yang memipin jalannya Monitoring ini yaitu Mohamad Sahlan dan Solihin Nurodin ( Selaku Pengajar ).

Jalannya pelatihan dimulai dengan pertanyaan Narasumber kepada para peserta tentang Bagaimana tanggapan Kepala Desa terhadap Pelatihan yang sebelumnya dilakukan di Desa Mandala Mekar ? sebagian dari peserta ada yang menyampaikan tanggapan nya langsung ada juga yang menyampaikan tanggapan dari kepala desanya . seperti Desa Calingcing kepala desanya  ( Maman Rustaman,  ) menyampaikaikan tanggapan yang disampaikan oleh Resa Indrayana selaku peserta dari Desa Calingcing “ Beliau menyampaikan tanggapan Sangat Baik, karena dengan adanya pelatihan ini kami selaku perangkat desa merasa terbantu , dan tanggapan dari masyarakat pun baik, karena setelah adanya pelatihan ini kami bisa membuat berita tentang desa yang dimana berita tersebut dapat dibaca oleh masyarakat Desa Calingcing maupun masyarakat luar Desa”.

Selain itu Kepala Desa Banyuresmi (Saepudin, 45 ) juga menyampaikan tanggapannya “ Bahwa dengan adanya pelatihan ini kami sangat terbantu dalam hal Kependudukan dan surat menyurat, apalagi dalam aplikasi SIDeKa dan WEB Desa terdapat barita-berita mengenai pemerintahan desa yang memudahkan masyarakat untuk mengetahui bagaimana kondisi di desanya. Selain itu aplikasi SIDeKa dan WEB Desa juga merupakan salah satu cara transparansi Desa kepada Masyarakat, karena SIDeka dan WEB Desa ini tidak hanya mencakup kependudukan dan berita tentang desa saja , untuk data keuangan Desa pun ada,  yang dimana nanti nya dapat dilihat langsung oleh Semua Masyarakat Desa Banyuresmi maupun Masyarakat luar desa dengan cara mengakses WEB Desa nya masing masing seperti Banyuresmi.desa.id ”.

Dan beberapa desa yang lainpun menyampaikan tanggapan yang baik terhadap pelatihan SID ( Sistem Informasi Desa ) ini.

Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh 7 ( tujuh )  Desa dikecamatan Sukahening yaitu :

  1. Desa Banyuresmi
  2. Desa Banyurasa
  3. Desa Calingcing
  4. Desa Sukahening
  5. Desa Kiarajangkung
  6. Desa Sundakerta, dan
  7. Desa Kudadepa

Setiap desa mengirimkan 2 ( dua ) orang perwakilan, yang dimana nantinya mereka akan menjadi Pandu desanya masing-masing.

Dalam pelatihan kali ini, interaksi peserta dengan narasumber berjalan baik dan lancar , sehingga para peserta bisa dengan cepat menanggapi dan mengerti tentang apa yang disampaikan oleh narasumber.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, sistem informasi didesa bisa lebih berjalan dengan baik dan bisa lebih meningkatkan kapasitas Aparatur Desa dan Masyarakat dalam hal IT .

Fhoto Kegiatan

Monitoring Lapangan Pelatihan Sistem Infomasi Desa ( SID )

Fhoto Peserta dengan Narasumber dan Pengajar

Barisan Pertama Solihin Nurodin ( Selaku Pengajar ) tepat ditengah-tengah peserta dan Barisan kedua dari Kiri Mohamad Sahlan ( Selaku Narasumber )

Pemaparan Materi tentang SIDeKa dan WEB Desa oleh Narasumber ( Mohamad Sahlan )

Penjelasan tentang Tujuan dan Manfaat diadakannya pelatihan SID ( Sistem Informasi Desa ) serta Manfaat adanya SIDeKa dan WEB Desa oleh Pengajar ( Solihin Nurodin )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan