LANJUTAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAH DESA BANYURESMI

Banyuresmi, Hari Sabtu tanggal 03 November 2018 telah dilaksanakan kembali Pelatihan Peningkatan Aparatur Desa, lanjutan dari pelatihan minggu lalu .

Untuk pelatihan kali ini, pemateri didatangkan dari DPMDPAKB  (Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana ) Kabupaten Tasikmalaya yaitu Bapak Eko Siswanto dan Pak Ikbal .

Acara pelatihan dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala Desa Banyuresmi ( Saepudin, 45 ) yang sekaligus membuka acara , yang dilanjutkan dengan pemberian materi.

Untuk materi pertama disampaikan oleh Bapak Eko Siswanto ( Selaku Kasi Bina Sarana dan Prasarana Desa ), yang menerangkan tentang Sistem Pengelolaan Keuangan Berdasarkan Permendagri No. 20 Tahun 2018. Beliau menerangkan tentang Bagaimacara pengelolaan keuangan desa yang baik dan benar , serta dari mana dan untuk kebutuhan apa saja uang yang masuk ke desa tersebut. Beliau juga menerangkan bagaimana tahapan tahapan yang baik dan benar jikalau Desa ingin mengambil uang guna keperluan Kegiatan Desa.

Setelah itu dilanjutkan dengan Materi Ke Dua yang disampaikan Oleh Bapak Ikbal ( Selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat ), beliau menerangkan tentang Pembangunan Desa yang nantinya akan berujung pada Kewenang Aset Desa, yang dimana nanti nya Aset desa akan menjadi sesuatu yang disebut dengan kekayaan desa.  Beliau juga menerangkan tentang Permendagri No. 16 Tahun 2018 dalam hal Aset Desa , selain itu  Permendari No.16 Tahun 2018 nantinya akan saling terhubung dengan Permendagri No. 20 Tahun 2018 .

Setelah acara materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, yang dimana interaksi antara Pemateri dengan Peserta berjalan dengan baik dan apa yang disampaikan oleh pemateri dapat dipahami oleh peserta.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, kafasitas aparatur pemerintah Desa bisa lebih meningkat baik dalam hal IT atau pun dalam hal lainnya.

Foto Kegiatan Pelatihan

1. Pembahasan Materi Pertama

* Penyampain materi tentang Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No. 20 Tahun 2018 Oleh Bapak Eko Sisswanto ( Selaku Kasi Bina Sarana dan Prasarana Desa )

* Penyampain materi tentang Pengelolaan Keuangan Desa Oleh Bapak Eko Sisswanto ( Selaku Kasi Bina Sarana dan Prasarana Desa )

2. Pembahasan Materi Ke-Dua

Penyampain Materi oleh Bapak Ikbal tentang Permendagri No. 16 Tahun 2018 ( Selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat ).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan