Kegiatan Posyandu Desa Banyuresmi dan Pemberian Vaksin Difteri Tahap 2

Banyuresmi- ( 27/11/2018 ), Hari Senin tanggal 26 November 2018 Bidan Desa Banyuresmi ( Yuli Erlia ) dan UPTD Puskesmas Sukahening telah melaksanakan Kegiatan posyandu dan pemberian vaksin difteri tahap ke-2. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 5 posyandu yang ada di Desa Banyuresmi .

Difteri sendiri adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphteriae, bakteri tersebut menghasilkan toksin yang nantinya dapat meluas ke seleruh tubuh toksin tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan setempat dan menyebabkan terjadinya suatu selaput yang dapat menyumbat jalan nafas sehingga sangan berbahaya bagi tubuh.

Kegiatan ini dilaksanakan seperti penimbanngan Balita setiap bulan, hanya saja kegiatan kali ini dilaksanakan sekaligus dengan pemberian vaksin difteri. Adapun pemeriksaan yang dilaksanakan yaitu Penimbangan, pemeriksaan tumbuh kembang anak yang dilanjutkan dengan pemberian obat difteri.

Kegiatan Pemberian Vasksin Difteri ini dilaksanakan ditiga Dusun di Desa Banyuresmi, yaitu Dusun Banuherang, Dusun Sukasenang dan Dusun Bunter.

Untuk sasaran pemberian vaksin difteri di wilayah Desa Banyuresmi yaitu sebanyak 196 anak, yang dimana kegiatan ini dilakukan disetiap Posyandu diwilayahnya masing-masing, diantaranya : Posyandu Anggraeni, Posyandu Mawar Mekar, Posyandu Rengganis, Posyandu Nusa Indah dan Posyandu Cendrawasih.

 

Antusias Ibu Balita untuk mengikuti kegiatan ini sangat baik. Sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

 

 

Selain itu di Dusun Sukasenang dan Dusun Bunter, tepatnya di Kampung Sukasenang, cikarag dan Bunter selain melaksanakan penimbangan untuk Balita, biasanya dilaksanakan pemeriksaan untuk Ibu-Ibu Lansia. Pemeriksaan itu meliputi Pemeriksaan Tensi darah dan Konsultasi dengan petugas kesehatan.

Semoga dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan Kualitas hidup, dan kesehatan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang lebih meningkat.

Fhoto Kegiatan Penimbangan

 

Pandu Desa Banyuresmi : Nita Juwita / Wiwin Winingsih

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan