Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Cendrawasih dan Sosialisasi Stunting

Banyuresmi-( 12/12/2018 ), Selasa 11 Desember 2018 bertempat di Kp. Bunter RT. 001/005 tepatnya di Posyandu Cendrawasih telah dilaksanakan Program Pelaksanaan Penimbangan Balita dan Pemeriksaan Kesehatan Lansia oleh dinas terkait ( Bidan desa Banyuresmi ( Yuli Erlia ) dan petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Kecamatan Sukahening ) di bantu oleh kader-kader posyandu.

Target pelaksanaan penimbangan Bulan ini yaitu 34 Balita dan 20 Lansia. Untuk pemeriksaan kesehatan, meliputi : penimbangan balita, Pemeriksaan Tumbuh kembang anak ( seperti Berat Badan dan Tinggi Badan ) dan Pemeriksaan Kesehatan Lansia.

Selain kegiatan penimbangan, Kader Posyandu Cendrawasih Neni Nuraeni ( Selaku Ketua Posyandu ) menyampaikan sedikit tentang Stanting . Stanting yaitu kekurang Gizi Kronis Pada Balita ciri cirinya adalah tinggi badan yang lebih pendek dari standar anak anak seumurannya.

Balita yang terserang stanting cenderung lebih mudah sakit dan perkembangan fisik dan otak terhambat. Salah satu penyebab stanting adalah anak sering terkena Diare , yang disebabkan banyaknya masyarakat yang buang air kecil dan besar sembarangan yang mengakibatkan air bersih jadi tercemari sehingga menyebabkan sulitnya air bersih yang mengakibatkan anak kekurangan Gizi .

Untuk menanggulangi masalah tersebut, maka dari itu mari kita bersama-sama mencegah stanting dengan cara Menjaga Kesehatan,  memelihara dan membersihkan lingkungan, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah makan .

Kegiatan yang dilaksanakan tiap bulan ini berjalan dengan baik dan antusias para ibu balita dan lansia sangat baik.

Semoga dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan Kualitas hidup, dan kesehatan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang lebih meningkat.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan