Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Rengganis dan Sosialisasi Stunting

Banyuresmi-(14/12/2018), Kamis 13 Desember 2018 bertempat di Kp. Sukasenang RT. 003/003 tepatnya di Posyandu Rengganis telah dilaksanakan Program Pelaksanaan Penimbangan Balita dan Pemeriksaan Kesehatan Lansia oleh dinas terkait ( Bidan desa Banyuresmi ( Yuli Erlia ) dan petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Kecamatan Sukahening ) di bantu oleh kader-kader posyandu.

Untuk sasaran penimbangan bulan ini yaitu 41 Balita akan tetapi pada pelaksanaannya 36 balita yang melakukan penimbangan dan Sasaran untuk lansia 23 Orang akan tetapi yang melakukan pemeriksaan bulan ini 13 orang.

Selain dilaksanakan penimbangan , diposyandu Rengganis juga dilaksanakan Sosialisai mengenai Stunting yang disampaikan oleh Ihat Solihat ( Selaku Kader Posyandu Rengganis ).

Beliau menerangkan bahwa Stunting yaitu kekurang Gizi Kronis Pada Balita. Stanting disebabkan Kekurangan gizi buruk. Balita yang terkena stunting biasa mudah terserang penyakit dan perkembangan otaknya terhambat. Hampir 9 juta anak di indonesia mengalami stunting. Penyebab utamanya adalah Diare dan juga infeksi cacing usus atau cacingan yang berulang-ulang pada anak.

Untuk mencegah terjadinya stunting pada anak : 1. Ibu perlu mengkonsumsi asupan gizi yang layak terutama selama masa kehamilan hingga anak lahir dan berusia 18 bulan. 2. Memberikan asi ekslusif dan nutrisi penting lainnya seiring pertumbuhan usia. 3. Mencuci tangan terlebih dahulu memakai sabun sebelum makan dan sesudah makan serta menjaga kebersihan lingkungan dan jangan buang air kecil dan besar  sembarangan.

Kader posyandu sedang mengisi daftaran balita yang mengikuti penimbangan. Kegiatan yang dilaksanakan tiap bulan ini berjalan dengan baik dan antusias para ibu balita dan lansia sangat baik, meskipun ada beberapa anak yang tidak mengikuti penimbangan .

Semoga dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan Kualitas hidup, dan kesehatan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang lebih meningkat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan