Pelaksanaan Kegiatan Posyandu Nusa Indah dan Sosialisasi Stunting

Banyuresmi-( 16/12/2018 ) , Hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018 bertempat di Kp. Cikarag RT. 001/004 tepatnya di Posyandu Nusa Indah telah dilaksanakan Program Pelaksanaan Penimbangan dan Pemeriksaan Kesehatan Lansia oleh dinas terkait ( Bidan desa Banyuresmi ( Yuli Erlia ) dan petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Kecamatan Sukahening ) di bantu oleh kader-kader posyandu.

Menurut Ketua Posyandu Nusa Indah ( Popon ), Target penimbangan bulan ini yaitu 39 akan tetapi yang mengikuti penimbangan hanya 33 Balita dan Target untuk lansia yaitu 26 Orang tetapi yang melaksanakan pemeriksaan hanya 17 Orang.

Untuk pemeriksaan kesehatan, meliputi : Penimbangan balita , Pemeriksaan Tumbuh kembang anak ( Berat badan dan Tinggi anak ), Pemeriksaan Kesehatan Lansia dan Konsultasi dengan Petugas kesehatan.

Selain pelaksanaan penimbangan, dilaksanakan juga sosialisasi Stunting yang disampaikan oleh Siti Aminah ( Selaku Kader Posyandu Nusa Indah ). Beliau menerangkan bahwa stunting adalah kekurang Gizi Kronis Pada Balita. Penyebab Stanting yaitu Kekurangan gizi / gizi buruk. Balita yang terkena stunting biasa mudah terserang penyakit dan perkembangan otaknya terhambat. Penyebabnya adalah Diare dan juga infeksi cacing usus atau cacingan yang berulang-ulang pada anak.

Untuk mencegah stunting tersebut, beliau mengajak kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan, terutama kesehatan ibu sewaktu sedang hamil, menjaga kebersihan lingkungan terutama lingkungan yang biasanya digunakan anak-anak untuk bermain, tidak buang air besar /  kecil sembarangan terutama didaerah-daerah yang dapat mencemari air bersih serta mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah makan .

Kegiatan yang dilaksanakan tiap bulan ini berjalan dengan baik dan antusias para ibu balita dan lansia sangat baik meskipun masih ada beberapa yang tidak melaksanakan kegiatan ini.

Semoga dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan Kualitas hidup, dan kesehatan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang lebih meningkat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan